Walatra Bersih Wanita

Herbal Khusus Kesehatan Wanita

Menu

Efek Samping Kunyit

August 25, 2018 | kunyit

Efek Samping Kunyit – Tidak dapat dipungkiri lagi, kunyit memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya seperti anti radang, anti depressant serta pereda rasa sakit. Anda juga perlu tahu bahwa kunyit juga dapat membantu mengatsi berbagai penyakit kronis seperti radang sendi, kanker, diabetes, masalah pencernaan hingga kolesterol.

Efek Samping KunyitEfek Samping Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Akan tetapi walaupun manfaatnya dahsyat, bukan berarti kita boleh berlebihan dalam menggunakan kunyit. para ahli berpendapat bahwa kunyit masih terbilang aman jika dikonsumsi atau diaplikasikan ke kulit selama 8 bulan berturut-turut. walaupun alami, kunyit tetap bisa menimbulkan Efek Samping Kunyit, khususnya jika dikonsumsi dengan dosis yang berlebihan. lantas, apa sajakah efek samping kunyit? yuk, simak langsung bahasan berikut ini

  • Masalah pada lambung

Efek Samping Kunyit yang pertama masalah lambung. kunyit, memanglah aman bagi lambung jika dikonsumsi sewajarnya. akan tetapi, ketika mengobati kondisi kronis seperti halnya radang sendi ataupun sendi yang sakit, maka hal tersebut akan berpotensi menyebabkan masalah lambung dan juga saluran cerna. penggunaan kunyit dengan berlebihan dalam waktu yang lama akan menyebabkan masalah gastrointestinal. hal ini akan terjadi ketika seseorang mengkonsumsi kunyit lebih dari 1000 mg perhari.

  • Meningkatkan risiko pendarahan

Kedua dapat meningkatkan risiko pendarahan. kunyit dapat memperlabat proses pembekuan darah berkat sifat anti koagulannya. maka buat anda yang mengalami pendarahan kemungkinan akan bertambah parah karena hal ini. apabila anda ingin menjalani prosedur bedah, hentikan konsumsi kunyit setidaknya 2 minggu sebelum hari H agar tidak terjadi pendarahan hebat selama ataupun sesudah operasi.

  • Detak jantung menjadi tidak normal

Efek Samping Kunyit yang selanjutnya detak jantung abnormal. ada sebuah laporan yang menyebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kunyit dengan dosis tinggi atau lebih dari 1500 mg 2 kali sehari, telah mengalami detak jantung abnormal. walaupun penyebab dari kondisi ini belum pasti, namun ada baiknya jika anda menghindari mengkonsumsi kunyit secara berlebihan.

  • Menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh

Keempat, dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. dosis kunyit yang terlalu tinggi dalam tubuh akan menghambat penyerapan zat besi. oleh karena itu, untuk anda yang sedang haid, anemia ataupun yang sedang mengalami defisiensi zat besi ada baiknya untuk membatasi mengkonsumsinya.

  • Membahayakan kondisi janin

Efek Samping Kunyit kelima dapat membahayakan kondisi janin. saat anda hamil dan juga menyusui, sebenarnya kunyit masih aman dikonsumsi sebagai bumbu masakan. hanya saja, ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat ataupun suplemen yang mengandung kunyit, karena bisa merangsang rahim untuk masuk siklus haid. kondisi ini tentu berbahaya bagi janin yang sedang berkembang dalam rahim.

  • Meningkatnya volume darah saat haid

Enam, meningkatnya volume darah saat haid. mengkonsumsi kunyit secara berlebihan akan menyebabkan darah yang dikeluarkan saat haid akan banyak. bahkan, wanita yang sudah memasuki masa menopause pun bisa jadi mengalami pendarahan kecil setelah mengonsumsi suplemen kunyit.

  • Membuat mual atau muntah

Efek Samping Kunyit yang terakhir membuat mual atau muntah. kondisi ini akan dirasakan khususnya jika anda kurang suka dengan rasa kunyit. Terkadang anda tidak selalu muntah karena hal ini. efek samping kunyit seperti muntah biasanya muncul jika kunyit tersebut sudah terkontaminasi dengan zat lain.

itulah beberapa efek samping kunyit yang bisa saya bagikan. jika anda ingin menghindari efek samping di atas, pastikan anda tidak mengonsumsinya dengan berlebihan. pilihlah suplemen atau bubuk kunyit dengan kualitas tinggi. andaa jug bisa menggunakan kunyit sebagai bahan masakan saja karena cara ini jauh lebih aman.

Postingan Terkait Dengan Efek Samping Kunyit